Thursday, April 24, 2008

Toward Taman Cyber City


MEWUJUDKAN TAMAN – CYBERCITY - Sebuah Kota yang memanfaatkan Teknologi Informasi
Barangkali bisa dinilai ironis kalau pada saat bangsa dan negara kita menghadapi kesulitan yang paling mendasar yakni masalah sembako, kelaparan, keamanan dan lainnya, kita masih berdialog tentang cybercity yang menyangkut teknologi informasi terakhir dan canggih

Apakah relevansinya begitu urjen ?
Sementara masalah ketidaktentuan melanda bangsa dan negara kita, perkembangan kemajuan teknologi informasi di bumi ini berjalan terus tanpa mengenal kompromi. Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, ditunjang oleh harga peralatan yang terus menurun, membuat sosialisasi pemanfaatan dari perkembangan tersebut semakin cepat merambat kedalam sendi-sendi kehidupan manusia.

Di lain pihak, pendidikan dini dari para pemula sudah semakin marak; hampir di setiap sekolah yang memiliki kemajuan ekonomi telah memasukan pendidikan komputer pada kurikulum anak-anak TK & SD. Dengan jari-jarinya yang lentik anak-anak tersebut sudah dapat meningkatkan kreasi-kreasi melalui komputer. Mereka juga dapat mengirim e-mail kepada sahabat penanya dimana pun mereka berada, serta dapat mengadakan komunikasi atau ngobrol melalui komputer yang biasa disebut chatting.
Dengan demikian, tanpa disadari, era globalisasi sudah merasuk ke dalam kehidupan masyarakat.

Persoalannya adalah dapatkah kita memanfaatkan kecanggihan perkembangan teknologi tersebut sehingga tidak ketinggalan terlalu jauh dengan negara tetangga maupun bangsa lain ?
Jelas kita tidak dapat mengabaikan masalah sosial, keamanan dan politik yang sedang melanda negara kita, namun perkembangan teknologi informasi sebaiknya juga tidak kita tinggalkan, malahan kalau mungkin kita seharusnya memanfaatkannya guna meningkatkan kesejahteraan dan harkat hidup bangsa kita, di tanah air yang kaya dan raya ini.

1 comment:

Selamat datang

Foto Pembangunan Lapangan Mblarakan Wiroko